Rabu, 13 Mei 2009

Pendamai (Ayat Emas 15 Mei 2009)

Ezr 10:1 Sementara Ezra berdoa dan mengaku dosa, sambil menangis dengan bersujud di depan rumah Allah, berhimpunlah kepadanya jemaah orang Israel yang sangat besar jumlahnya, laki-laki, perempuan dan anak-anak. Orang-orang itu menangis keras-keras.

Ezr 10:1 Now when EzraH5830 had prayed,H6419 and when he had confessed,H3034 weepingH1058 and casting himself downH5307 beforeH6440 the houseH1004 of God,H430 there assembledH6908 untoH413 him out of IsraelH4480 H3478 a veryH3966 greatH7227 congregationH6951 of menH376 and womenH802 and children:H3206 forH3588 the peopleH5971 weptH1058 very sore.H7235 H1059

Pada masa setelah pembuangan bangsa Israel kedapatan telah melakukan kesalahan sebelumnya, dan Ezra menjadi imam perantara bangsa itu dengan Allah, tuk mengaku dosa dan berdamai dengan Allah karena kesalahan masa lalu bangsa Israel.

Kesalahan bangsa ini, mereka kawin campur dengan bangsa diluar mereka, (Ezr 10:10 Maka bangkitlah imam Ezra, lalu berkata kepada mereka: "Kamu telah melakukan perbuatan tidak setia, karena kamu memperisteri perempuan asing dan dengan demikian menambah kesalahan orang Israel). sehingga bercampur "benih kudus" dengan bangsa lain (Ezr 9:2 Karena mereka telah mengambil isteri dari antara anak perempuan orang-orang itu untuk diri sendiri dan untuk anak-anak mereka, sehingga bercampurlah benih yang kudus dengan penduduk negeri…")


Dengan peristiwa ini Ezra memerintahkan agar bangsa Israel yang mempunyai istri dan anak-anak yang merupakan keturunan bangsa lain haruslah orang Israel itu meninggalkan/memisahkan istri dan anak mereka. hal ini memang keras dan bukan hal yang mudah.

Sahabatku, Demikian juga dengan kita "istri" dari bangsa lain disini merupakan "simbol duniawi" yang sangat kita cintai dan erat hubungan dengan kegiatan kita sehari-hari, istri yang membawa adat dan ritual agama penyembah berhala, yang merusak tradisi sosial dan keagaman asli bangsa ini.

Ezra 10:11 "PISAHKAN dirimu dari penduduk negeri dan perempuan-perempuan asing itu".

Bangsa Israel yang selalu terjerumus dalam kesalahan dan dosa, Allah memerintahkan tuk memisahkan diri.

Begitu juga dengan kita yang tidak bisa menjaga diri dalam pergaulan, Pisahkan dirimu dari mereka,
Kita yang tidak bisa menjaga diri dalam kata-kata, pisahkan diri dengan orag-orang yang selalu berbicara kotor, kasar juga gosip.
Kita yang sudah menikah yang memiliki ancang-ancang dan kesempatan "jatuh cinta semu" dan ingin selingkuh, Pisahkan dirimu dari orang itu.
Kita yang lagi dalam masalah dan sementara menyelesaikan dengan cara yang salah dengan dukun, paranormal, segera pisahkan dirimu dari perdukunan.
Banyak hal yang harus kita pisahkan dalam hidup ini agar kita bisa bertumbuh secara rohani dan tidak mendapatkan murka Allah.

Sahabatku, siapakah yang menjadi Ezra dalam kehidupan keluarga anda? dalam pekerjaan anda? dalam hubungan pribadi (mis:pacaran) anda?

Ketika dikeluarga ada yang melakukan kesalahan, kita yang harusnya menjadi pendamai antara seorang papa yang tukang mabuk atau mama yang telah kecewa dengan papa, kakak yang mengalami akar pahit dalam keluarga, adik yang salah bergaul, kitalah yang haruslah menjadi pendamai keluarga kita.

Atau anda seorang ibu atau ayah yang telah bekerja keras bahkan telah bertahun-tahun dalam perusahaan, yang belum mempromsikan anda sama sekali dengan berbagai dalih, anda kecewa dan kebahagian keluarga anda mulai retak karena kebutuhan hidup mulai naik sedangkan gaji anda pas-pasan, dan makin membesar karena anda mencari hiburan dan solusi diluar, saya katakan pada anda pisahkan diri anda dari masalah dan jalan keluar yang salah, kembalilah menjadi pendamai bagi keluarga anda beserta lingkungan sosial anda.

Ketika Ezra berdoa dan mengaku dosa atas kesalahan Israel, semua jemaah Israel berkumpul dan menangis bersama mengakui dosa mereka dan menjadi taat.

Ingatlah, ketika anda bersungguh-sungguh berdoa dan mengaku dosa dihadapan Bapa, doamu menjadi “magnet” tuk suami, istri, anak, siapapun anggota keluargamu, sahabatmu, pacarmu, siapapun tuk sujud berdoa bersamamu, mengaku dosa, memperbaiki, saling menopang dalam segala hal dan taat dalam FirmanNya.

Dan lihatlah Bapa akan bertindak membela keuarga anda dan masalahmu!

Hos 4:6 My people are destroyed for lack of knowledge

Mzm 37:34 Wait on the LORD, and keep His way

Rom 8:18 For I reckon that the sufferings of this present time are not worthy to be compared with the coming glory to be revealed in us.

1Pet 2:9 You are a chosen generation!!!

God for Us!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar